makanan khas jepang yang terlezat

Mumpung puasa saya mau share makanan khas terlezat jepang yang bikin kamu ngiler Lolz 😀 ( btw mimin juga puasa kok 😀 ) langsung saja om silahkan dibaca

1. Sushi


Tidak perlu diragukan lagi, Sushi adalah makanan paling unik dan khas Jepang yang paling enak dan terkenal. Sushi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging dan sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka, beras, garam dan gula.Sushi memiliki rasa yang sangat enak dan tidak hanya itu, gizi yang terkandung dalam sushi sangat tinggi. Bahka sushi masuk daftar 10 makanan yang paling enak di Dunia.


2. Takoyaki

Takoyaki merupakan makanan khas Osaka dan Kansai yang sudah terkenal di mata dunia. di jepang sendiri makanan ini sering ditemui di setiap festival, perayaan dan lain –lain. Berbentuk bola –bola kecil yang terbuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan berisi 5 hingga 10 buah. Takoyaki disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam keemasan plastik transparan untuk dibawa pulang.


3. Okonomiyaki



Okonomiyaki adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau sebagai lauk teman nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dengan sendok datar yang disebut kote (hera) yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki. Jenis okonomiyaki yang paling klasik disebut butatama dengan isi berupa irisan tipis daging babi dan ikatama dengan is berupa irisan cumi –cumi. Modanyaki (modernyaki) adalah jenis okonomiyaki dengan tambahan mie yang sudah dikukus agar orang yang makan menjadi cepat kenyang.


4. Teriyaki


Teriyaki adalah cara memasak makan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi –kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki (tare). Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shoyu), sake untuk memasak, dan dula pasir. Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan –bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul –betul masak. Di Jepang, bahan yang banayak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, Tongkol, Mackarel, Trout, Marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayma, sapi, babi) atau cumi –cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.


5. Soba



Soba adalah salah satu jenis mie Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda, atau Soba. Dalam bahasa Jepang, Soba bisa juga berarti mi telur asal Tiongkok yang dimasak menjadi Yakisoba atau ramen. Setelah direbus, soba dicuci dengan air dan didinginkan lebih dahulu sebelum dihidangkan. Soba dimakan setelah dicelup ke dalam kuah yang yang disebut tsuyu. Soba yang disajikan dingin seperti ini disebut morisoba atau zarusoba.


6. Yakiniku

Yakiniku sebenarnya adalah makanan khas Korea namun diadaptasi dengan bumbu khas Jepang. Yakiniku sendiri dalam istilah Jepang berarti daging yang dipanggang. Dalam artis luas, yakiniku juga mencakup berbagi masakan daging sapi, atau jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba, dan barbeque. Daging dipanggang diatas api dengan memakai kisi –kisi dari besi atau di atas plat dari besi (teppan) potongan berbentuk segi empat sering ditusuk dengan tusukan dari logam sebelum dipanggang.


7. Onigiri



Saat melihat onigiri, pastinya familiar dimata kalian, makanan ini  banyak terdapat pada anime maupun komik –komik Jepang. Memang rasanya sangat enak dengan pembuatan yang sangatlah mudah dan sederhana. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit. . Biasanya onigiri dimakan begitu saja atau dimakan dengan bumbu khusus agar lebih mikmat. Makanan ini berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat dan berbentu segi tiga atau bulat. Onigiri memiliki banyak rasa seperti asam, telur ikan atau daging ikan


8. Mochi


Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Kue mochi memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket.


9. Kare

Selain di India, Jepang juga memiliki kare yang lezat. Perbedaan kare Jepang dari Kare India adalah Kare Jepang memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak terlalu pedas. Makanan ini telah dijadikan makanan nasional Jepang. Kare Jepang memiliki banyak varian rasa dan bahan seperti kare Ayam, kare seafood, hingga kare Sapi.


10. Nabe

Nabe merupakan sup kebanggan Jepang. Saya sarankan jika ingin menikmati sup ini, datanglah ke Jepang saat musim dingin karean sup ini sangat cocok dimakan saat cuaca dingin. Berbeda dengan sup – sup lain, Nabe memiliki isi yang unik seperti sayuran, kerang, kepiting, dan mie. Biasanya Nabe dimasak diatas Hotpot, yaitu panci berisi air panas dan kita hanya memasukan bahan – bahannya saja.


11. Ramen


Semua orang pasti setuju bahwa ramen adalah satu bentuk penyajian mie terbaik di dunia. banyak orang yang tergila – gila dengan makan lezat satu ini. Ramen merupakan mie khas Jepang. Di Jepang ramen sangat populer di berbagai kalangan. Banyak kedai ramen di jalanan kota Jepang. Ramen sangat cocok dimakan waktu dingin karena kuahnya yang hangat dan pedas membuat badan menjadi hangat dan membuat kita ketagihan.


12. Tonkatsu

Konon Tonkatsu merupakan makanan jaman dahulu untuk raja Jepang. Tapi sekarang makan ini bisa dinikmati siapa saja. Biasanya Tonkatsu terbuat dari daging babi yang digoreng renyah. Tapi sekarang biasanya terbuat dari daging sapi yang lebih enak. Tonkatsu setelah matang biasanya disajikan dengan parutan sawi dan wortel yang diberi mayones. Kemudian diberi saus khas yang dapat memperkuat rasa tonkatsu.


13. Yakitori
Yakitori bisa disebut juga sate jepang karena bentuknya mirip dengan sate Indonesia. Biasanya Yakitori terbuat dari daging babi, sapi, ataupun ayam. Daging dipanggan hingga renyah dan dilumuri saus khusus berwarna kecoklatan. Yakitori dimakan bersama sake Jepang. 

hayo yang ngiler siapa 😀 sekian dari admin EIS 😀 

Share